My Tour Reviews and News

3/03/2013

Tips Cara Memilih Sepatu yang Tepat

Memilih sepatu sebaiknya tidak hanya melihat bagus tidak modelnya. Tapi, ada beberapa hal yang haras diperhatikan agar tidak muncul problem pada kaki. Berikut ini tipsnya:

Pilih yang Nyaman Dipakai
Sepatu yang nyaman adalah yang tebal tumitnya kurang dari 4 sentimeter dan berdasar lebar tidak meruncing ke bawah. Sepatu tipe stiletto (bertumit sempit dan runcing) kurang rnampu menopang berat badan, sehingga cenderung sulit menjaga keseimbangan.

Ukuran Harus Tepat
Makin bertambah usia, makin bertambah pula panjang dan lebar kaki. Karena itu, seba­iknya cek ulang ukuran sepatu beberapa tahun sekali. Berdirilah ketika kaki diukur, ka­rena kaki mengembang ketika seseorang berdiri tegak.
Nah, sebelum membeli sepatu, pastikan ukurannya benar-benar tepat. Cobalah kedua belah sepatu, apakah terasa nyaman di kaki. Sebab, tidak sedikit orang yang salah satu kakinya lebih besar ketimbang yang la­in. Jika Anda masuk kelompok itu, pilih se­patu yang pas dengan kaki yang lebih besar. Pastikan ada celah selebar jari tangan antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu.

Beli pada Sore atau Malam Hari
Belilah sepatu pada sore atau malam hari. Sebab, pada sore atau malam hari, ukuran kaki pada kondisi paling besar.

Perhatikan Bahan dan Desain
Pilih bahan yang lentur dan memungkinkan kaki 'bernapas', seperti kulit hewan atau imitasi nylon berpori-pori. Jangan pilih sepa­tu yang berkelim melintang di bagian dalam karena bisa menggesek kulit kaki.
Hindari sepatu yang dibuat dari plastik atau vinyl karena tidak bisa terentang untuk memungkinkan kaki bernapas.
Hindari sepatu berujung lancip, karena menyebabkan tekanan tambahan untuk menggeser jemari kaki dari posisi normalnya. Area jemari kaki di bagian ujung sepatu harus cukup dalam untuk memungkinkan jemari kaki bergerak bebas. Jika harus mengenakan sepatu ber­ujung meruncing ini, kenakan sesekali saja dan untuk periode waktu yang pendek pula.
Hindari juga sepatu yang bertumit sangat tinggi. Makin tinggi hak atau tumit sepatu, ma­kin kuat pula ia mendorong tubuh dan postur keluar dari posisi nor­mal. Itu meningkatkan risiko problem lutut dan punggung.
Sepatu dengan hak yang sangat tinggi juga memperbesar risiko terjatuh dan menyebabkan kaki, pergelangan kaki, dan tungkai terkilir atau luka karena terpeleset atau tersandung. Untuk mengurangi tekanan yang berlebih pada telapak kaki, belilah orthotics, yakni semacam alat pengganjal khusus yang disisipkan ke dalam sepatu untuk memperseimbangkan tekanan beban tubuh pada kedua kaki. (sumber: cantiq)

Demikian Tips Cara Memilih Sepatu yang Tepat, semoga bermanfaat.

Tips Cara Memilih Sepatu yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar