My Tour Reviews and News

3/03/2013

Tips Sederhana Cara Merawat Kain Tenun

Kain tenun banyak jenisnya. Yang paling sering kita jumpai adalah kain songket dan ulos. Keduanya mengalami proses hias pada saat ditenun. Songket terkenal di Sumatera Selatan dengan ciri khasnya menggunakan benang emas atau perak pada saat ditenun.
Karenanya, tak heran kain ini sangat berat saat dipakai. Sedangkan ulos dari Batak, menggunakan manik-manik pada saat ditenun.

Tips Cara Merawat Kain Tenun;
  • Setelah digunakan, kain tenun sebaiknya tidak dicuci. Cukup diangin-anginkan selama beberapa jam dalam suhu ruangan. Hindari peletakan kain songket pada udara terbuka atau terpapar langsung sinar matahari. 
  • Simpan kain dengan menggulungnya seperti karpet. Tujuannya agar tekstur dan kelenturan benang tetap terjaga. Sebelum menggulung, sebaiknya letakkan kertas minyak di antara kain sehingga satu sisi dengan sisi lainnya tidak berhimpitan. Letakkan pada tabung khusus atau diikat longgar dengan tali dari kain.
  • Untuk menjaga benang-benang tidak cepat putus atau rusak, tambahkan sambungan kain pada bagian atas songket atau ulos. 
  • Jika ingin menyeterika, letakkan kain halus pada bagian atasnya. Gunakan panas pada suhu paling rendah. 
  • Taburkan cengkih dan lada bula untuk menghindari timbulnya jamur. 
  • Setiap tiga bulan sekali buka gulungan kain dan angin-anginkan kembali agar lebih tahan lama. Khusus di musim hujan, lakukan lebih sering lagi. 
Sumber: Majalah Perkawinan
Gambar: Galeri Foto Klaten

Tips Sederhana Cara Merawat Kain Tenun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar