My Tour Reviews and News

4/03/2013

Tips Sederhana Cara Merawat Kain Batik

Batik amat banyak ragamnya. Kita mengenal batik sragen, batik madura, batik pekalongan, batik cirebon, batik papua, batik batavia, batik sidoarjo dan lain sebagainya. Setiap batik memiliki keunikan dan karakter tersendiri. Batik madura contohnya, coraknya lebih penuh dan rapat, sedangkan batik cirebon lebih ringan dan modern. Begitu juga dengan batik pekalongan yang lebih dinamis dan kaya warna, sedangkan batik solo maupun yogyakarta sangat sederhana dalam pewarnaan. Teknik pembuatannya menggunakan malam atau yang biasa disebut lilin.

Berikut adalah Tips Cara Merawat Kain Batik

  • Mencuci kain batik bisa menggunakan sampo rambut atau sabun khusus yang bisa dibeli di pasaran. Hindari penggunaan deterjen. Sebelumnya larutkan sampo ke dalam air hingga tidak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu, baru kain batik dicelupkan. 
  • Cara mencucinya jangan digosokdan jangan menggunakan mesin cuci. Cukup direndam hingga kotoran larut. Bila terkena noda, hilangkan dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja. 
  • Untuk mengeringkannya cukup dijemur di bagian yang teduh atau tidak langsung terkena sinar matahari. Tidak perlu memerasnya, cukup dikeringkan secara alami. 
  • Hindari penyeterikaan secara langsung. Jika terlalu kusut, semprotkan air di atas kain batik Anda lalu lapisi dengan kain lainnya, baru disterika.
Sumber: Majalah Perkawinan

Tips Sederhana Cara Merawat Kain Batik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: