My Tour Reviews and News

12/14/2013

Tips Cara Memandikan Bayi dengan Baik dan Benar

Memandikan bayi baru lahir karang menjadikan sang ibu bayi ragu dan berkecil hati, memang untuk bayi yang baru lahir perlu perhatian ekstra dalam perawatannya dan tidak terkecual saat memandikannya. Berikut beberapa tips cara memandikan bayi dengan baik dan benar berdasarkan pengalaman dan sumber-sumber terpercaya,

cara memandikan bayi
ilustrasi - cara memandikan bayi
  1. Siapkan peralatan mandi sang bayi, seperti air hangat dalam baskom ukuran sedang, shampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk bayi. 
  2. Pilih lokasi yang nyaman untuk memandikan bayi, dalam hal ini misalnya memandikan bayi yang baru lahir bisa dilakukan dilakukan di area kamar tidur bukan di kamar mandi.
  3. Buka bajunya secara perlahan kemudian bungkus tubuh bayi dengan handuk dan baringkan pada tempat yang kering dan nyaman. 
  4. Rendam waslap ke dalam air hangat dan peras, kemudian usapkan pada bagian tubuh bayi secara pelan-pelan. 
  5. Bersihkan kelopak mata bagian atas perlahan, usap telinga bayi bagian luar. Kemudian, bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.
  6. Untuk daerah kelamin, bersihkan dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja. Begitupun dengan penis bayi yang telah disunat. Jangan lupa membersihkan bagian bawah buah zakarnya. 
Lanjutkan dengan memakaikan popok dan baju pada bayi, Jangan lupa untuk menaruh lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi. Nah, sekarang si kecil sudah bersih dan wangi kembali! Demikian Tips Cara Memandikan Bayi dengan Baik dan Benar, Semoga bermanfaat.

Referensi: parenting.co.id 
Gambar: PrimaNerstation.Com

Tips Cara Memandikan Bayi dengan Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: